Friday, June 1, 2012

Rahasia Menjadi Public Speaking Andal

Berbicara di depan banyak orang tak hanya menjadi tugas seorang boss, karena semua orang wajib memiliki kemampuan ini, apapun statusnya. Siap tidak siap, akan ada sebuah moment saat Anda harus berbicara di depan banyak orang (bahkan atasan atau di depan jajaran direktur). Karena itu, Anda harus siap dan memiliki kemampuan public speaking yang andal. Tak akan sulit dengan tips berikut ini!





1. Percaya Diri dan Antusias
Agar semua mata dan perhatian tertuju pada Anda, Anda harus percaya diri dan menunjukkan sikap antusias. Orang lebih suka mendengar pembicaraan yang penuh semangat dan tidak malas-malasan. Saat Anda berbicara di depan banyak orang, berarti Anda harus memiliki keyakinan bahwa Anda mampu dan telah menguasai materi yang akan disampaikan. Buang ragu dan gugup! Dengan percaya diri, semua yang akan Anda sampaikan akan lebih hidup dan menarik untuk didengar dari awal hingga akhir.

2. Beri Jeda Saat Berbicara
Saat berbicara di depan banyak orang, Anda harus memastikan para pendengar mengerti apa yang Anda sampaikan. Karena itu Anda tak perlu berbicara terus menerus tanpa jeda, terlebih lagi bila para pendengar ingin menulis materi yang Anda sampaikan. Saat Anda telah selesai dengan satu materi, beri jeda sejenak, siapa tahu ada materi yang tidak dimengerti oleh para pendengar. Pastikan juga Anda tidak bertele-tele sehingga pendengar menjadi bosan.

3. Mengenal Para Pendengar

Mengenal di sini bukan mengenal satu persatu, tetapi mengenal bagaimana latar belakang para pendengar, mereka bekerja pada bidang apa, juga tingkat pendidikan mereka. Hal ini penting bagi Anda dalam hal penyampaian materi dan penggunaan bahasa. Misalnya, jika Anda harus berbicara di depan jajaran direktur, tentu pemilihan kata yang Anda sampaikan berbeda jika Anda menyampaikan materi UKM pada masyarakat pedesaan. Jangan sampai masyarakat pedesaan hanya melongo saat mendengar materi Anda karena tidak mengerti dengan istilah-istilah yang asing di telinga mereka.

4. Fleksibel Saat Menyampaikan Materi
Saat Anda berbicara di depan banyak orang, tentu Anda berharap semua berjalan lancar tanpa gangguan. Tetapi.. Anda tak bisa mencegah bila Anda gangguan yang datang. Misalnya saja para pendengar terlihat mengantuk, salah satu sudut ruangan bocor dan lain sebagainya. Hadapi dengan senyum dan santai, tak perlu panik menghadapi gangguan kecil seperti ini.

Jika terjadi masalah teknis, jangan terus berbicara sementara para pendengar merasa tak nyaman. Jika pendengar terlihat mengantuk atau lelah, Anda bisa memacu semangat mereka dengan meminta mereka berdiri sambil melakukan senam ringan, atau jika Anda punya selera humor, ambil beberapa detik agar para pendengar tertawa dan segar.

5. Latihan Adalah Kunci Sukses
Bagi beberapa orang, berbicara di depan orang sangat menakutkan. Untuk mengatasinya, latihan adalah salah satu cara membuat Anda terbiasa dan nyaman saat menghadapi banyak wajah yang menatap Anda. Kemampuan bicara dapat dilatih, Anda bisa melakukannya di depan cermin. Anda juga bisa mencobanya di depan teman-teman Anda, lalu minta mereka mencatat apa yang kurang dari gaya berbicara Anda, apakah terlalu cepat, ekspresi terlalu tegang dan sebagainya. (vem/wsw)

No comments:

Post a Comment