Tuesday, July 3, 2012

Berbagai Jenis Kurma


Di Madinah terdapat pasar kurma terbesar dan terlengkap karena menjual berbagai macam jenis kurma.
Hanya beberapa ratus meter dari halaman masjid Nabawi, Kurma yang dicari biasanya kurma Ajwa (kurma nabi) harganya tergantung kualitas karena ada 3 kualitas kurma ini : harga berkisar antara 40 riyals sampai 80 riyals.
Kurma Hijau
Kurma lain yang selalu dicari adalah kurma hijau yang sebagian jamaah mencari kurma ini karena dianggap dapat menyuburkan rahim ibu yang belum memiliki keturunan. Kurma hijau agak sulit dicari jika memang belum musimnya seperti tahun 1427 H kemarin hampir tidak ada yang menjual jenis kurma ini, di Jeddahpun sempat aku cari ke beberapa sentra penjualan kurma tapi nihil.


Kurma Basah
Kurma segar yang masih bertangkai seperti buah-buahan biasa biasanya banyak dijual ketika kita jiarah kebeberapa masjid di Madinah (masjid quba), nah didekat masjid tersebut banyak pedagang menjual kurma ini. Kurma ini sepertinya dimasukkan dalam pendingin udara karena kalau terlalu lama kena panas maka bentuknya berubah jadi kurma ini tidak dapat dibawa sebagai oleh-oleh ke tanah air, namun Anda harus mencobanya, per kilo dijual seharga 10 riyals.




Kurma Ajwa (yg kecil) dan Kurma Ambar
kurma yg terkenal adalah kurma jenis ajwa dan satu lagi jenis yang biasa disajikan oleh orang-orang Arab dalam menjamu buka puasa / shaum di masjid Nabawi dengan teh pahit khas Arab. Kata orang arabnya sih bisa sebagai obat kejantanan pria (ada ada saja). Biasanya setiap hari senin dan kamis penduduk Arab suka mengadakan iftor jama'i atau buka puasa bersama didalam masjid, siapa saja boleh menikmati sajian kurma, ada makanan sejenis ketan, teh pahit ketika adzan maghrib sudah berkumandang.

No comments:

Post a Comment