Monday, July 16, 2012

Cara Menikmati Kentang Goreng Agar Tetap Sehat


French friesatau kentang goreng adalah makanan kesukaan banyak orang. Tak hanya ada di gerai restoran cepat saji, tetapi juga pada stand-stand kecil di mall atau food center. Seringkali, kita menikmati kentang goreng sebagai camilan atau tertarik untuk membelinya ketika melihat orang lain sedang menikmati seporsi kentang goreng yang disiram saus pedas atau mayonaise aneka rasa.

Sebagai makanan yang tinggi kalori, garam, lemak dan rendah nutrisi, kentang goreng masuk dalam daftar junk fooddan dapat menyebabkan kegemukan. Tapi tenang.. Anda masih boleh menikmati kentang goreng dengan tips berikut agar tetap sehat.

1. Pesan Dalam Porsi Kecil
Sebesar apapun porsi yang Anda pesan, Anda pasti menghabiskan kentang goreng. Padahal, semakin kecil porsi yang Anda pesan, semakin sedikit kalori dan lemak yang masuk ke tubuh Anda. Kentang goreng ukuran medium mengandung 380 kalori dan 19 gram lemak. Jika Anda memesan ukuran kecil atau porsi anak, Anda hanya mengonsumsi 100 kalori dan 5 gram lemak. Angka ini tanpa tambahan saus mayonaise.

2. Bagi Dengan Orang Lain
Menurut Gayl Canfield, Ph. D., R.D., seorang direktur ahli nutrisi dari Pritikin Longevity Center, "Semakin sedikit kentang goreng yang Anda makan, semakin baik!" Karena itu, jangan habiskan satu porsi kentang goreng seorang diri, bagilah dengan teman atau keluarga Anda saat menikmatinya, tambahkan menu lain yang lebih sehat, misalnya sup atau salad.

3. Pilih Potongan Tebal
berbagai sumber
Kentang wedges, kentang waffle dan kentang curly
Ada banyak jenis kentang goreng, yang sering kita jumpai adalah potongan memanjang biasa, wedges, waffle dan curly. Mana yang paling baik untuk dipilih? Menurut Canfield, potongan yang tebal dan besar akan lebih baik. Potongan yang tebal akan membuat area yang terkena minyak goreng lebih sedikit, area lain yang tidak tersentuh minyak lebih sehat.

4. Panggang Atau Oven Lebih Baik
Proses panggang atau memasak dengan oven jauh lebih sehat dibandingkan proses menggoreng. Anda bisa memakai metode ini untuk membuat kentang panggang sendiri di rumah. Selain lebih sehat karena hanya memakai sedikit minyak sebagai lapisan kenyang (atau bahkan tidak memakai minyak sama sekali), Anda bisa memastikan untuk memakai perasa alami yang lebih sehat.

5. Cari Alternatif Selain Kentang
Tahukah Anda, ada bahan makanan yang lebih murah dan sehat dari kentang, yaitu ubi manis. Dalam ukuran yang sama, kentang memberikan 51 gram karbohidrat sederhana, sedangkan ubi manis menawarkan 35 gram karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Selain itu, ubi manis mengandung beta karotin, dapat membuat kulit lebih halus, menjaga tekanan darah, menjaga berat badan dan melawan kanker.
Anda tetap dapat menikmati kentang goreng dengan lebih sehat. Suka artikel ini? Jangan lupa bagikan Share agar teman-teman dan keluargamu tetap sehat :)
(vem/yel)
sumber vemale.com

No comments:

Post a Comment