Monday, July 9, 2012

Cara Mudah Deteksi Kiamat Internet


Hari ini, Senin (9/7), Kiamat Internet akan terjadi pada jutaan komputer di seluruh dunia. Apakah Anda salah satu korbannya?

Bayangan yang akan muncul dibenak semua orang saat pertama kali mendengar 'kiamat'. Jika dikaitkan dengan masalah ini, seolah menggambarkan kerusakan jaringan internet secara total di seluruh dunia.

Namun faktanya, tidak semua pengguna komputer baik itu PC atau Mac akan terkena dampaknya. Dikutip dari MSN, hanya mereka yang telah terinfeksi malware bernama DNSChanger saja yang akan merasakan Kiamat Internet.

DNSChanger pertama kali muncul sekitar tahun 2007 dan dibuat oleh penjahat cyber asal Estonia. Cara kerjanya adalah menyerang dan mengontrol Domain Name System (DNS) Server.

DNS adalah sebuah sarana untuk mempermudah komputer mengenali alamat web yang dituju oleh pengguna. Jika terkena malware ini, pengguna komputer akan digiring secara 'paksa' ke website tertentu yang berisi berbagai software berbahaya lainnya. Tujuannya, tentu saja terkait keuntungan secara finansial. Selama penyebaran DNSChanger, sekitar 4 juta komputer di 100 negara dari seluruh dunia telah terinfeksi. 

Lalu, apakah komputer Anda termasuk dari salah satu korban DNSChanger? Cara mengetahuinya sangat mudah. Anda cukup mengunjungi situs www.dns-ok.us untuk mengetahui apakah DNS komputer Anda normal atau tidak. Jika situs tersebut menunjukkan warna hijau, maka komputer Anda aman.

Meskipun demikian, penyebaran DNSChanger di Indonesia sendiri memang sangat sedikit. Kemungkinan bahwa komputer Anda merupakan salah satu yang terinfeksi sangat kecil. Penyebaran terbanyak terjadi di Amerika Serikat dimana sekitar 500 ribu komputer terserang malware tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan jika tak ingin komputer Anda terinfeksi malware berbahaya. Salah satunya adalah menggunakan sistem keamanan yang telah teruji kehebatannya dan membelinya secara resmi. Memang tak murah, namun cukup bermanfaat untuk memproteksi 
komputer dari virus dan semacamnya.

sumber : ghiboo.com

No comments:

Post a Comment