Monday, July 30, 2012

Rambut Ubanan Lebih Sehat?

Memiliki rambut beruban terkadang membuat tak pede. Padahal, rambut berwarna keabu-abuan ini malah dianggap lebih sehat dan dapat hidup lebih lama.

Menggunakan babi hutan, peneliti dari Museo Nacional de Ciencias Naturales di Spanyol menemukan, babi hutan dengan rambut kemerahan lebih cenderung memiliki kerusakan sel dibandingkan dengan babi hutan berambut abu-abu. 

"Seperti rambut manusia, babi hutan juga memiliki rambut beruban di seluruh bulu tubuhnya. Tetapi, kami menemukan bahwa babi hutan dengan rambut beruban sebenarnya dalam kondisi prima dan dengan tingkat terendah dari kerusakan oksidatif," jelas pimpinan penelitian Ismael Galvan, dilansir melalui Medicaldaily (27/7).

Penelitian sebelumnya pada manusia menunjukkan, orang dengan rambut merah lebih mungkin memiliki risiko lebih besar terkena penyakit. Penelitian tersebut mengaitkan hubungan rambut kemerahan dan pigmen merah di mana keduanya dipicu melanin di kulit yang dikaitkan dapat meningkatkan risiko kanker lebih tinggi.

Galvan menjelaskan, babi hutan dengan rambut merah cenderung memiliki kesehatan buruk karena proses produksi pigmen merah yang menyedot antioksidan yang sebenarnya berfungsi sebagai pemburu radikal bebas menyebabkan merusak sel tubuh.

No comments:

Post a Comment