Tuesday, September 11, 2012

Dianggap Baik, Justru Merugikan

Banyak orang yang tidak sadar melakukan kebiasaan yang mungkin dianggap baik, tapi malah mendatangkan hasil yang merugikan bagi kesehatanya.

Menggunakan hand sanitizer
Bila tak ada westafel atau air mengalir didekat Anda, maka gel sanitasi ini bisa menolong. Namun, sebaiknya membatasi penggunaannya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hand sanitizer mengandung triclosan yang malah dapat meningkatkan resistensi bakteri dan virus terhadap obat antibiotik.

Mengenakan sendal jepit
Memakai sendal jepit memang lebih praktis. Sayangnya, sendal jepit tidak disarankan untuk sering digunakan sehari-hari. Sendal jepit tidak mendukung lengkungan dan bentuk kaki, sehingga memicu sakit dan nyeri di seluruh tubuh.

Selalu menyikat gigi sehabis makan
Menyikat gigi sehabis makan memang disarankan para ahli demi mencegah masalah gigi berlubang. Namun, sebaiknya dilakukan minimal 30 menit sehabis makan. Asam dari makanan yang menempel di gigi memang bisa melemahkan enamel, dan menyikat gigi langsung sehabis makan justru mendorong asam menyerap ke dalam gigi, sehingga memicu korosi gigi.

Melewatkan jam makan
Kebiasaan ini sering kali dilakukan wanita. Melewatkan jam sarapan atau makan siang demi diet, malah menyebabkan Anda makan 'brutal' pada jam makan berikutnya dan memicu mood berantakan.

Berada didalam ruang berAC
Ruangan berAC identik dengan tertutup rapat. Virus dan bakteri dari satu orang yang sedang sakit, bisa menyebar ke orang lainnya dengan cepat dalam ruangan. Selain itu, filter AC yang jarang dibersihkan juga menjadi sarang bakteri dan kuman.

No comments:

Post a Comment