Friday, September 28, 2012

Inilah 7 Cara Paling Ampuh Meredam Amarah

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak pernah marah? Bahkan orang terhormat dan dikenal sabar sekelas Presiden pun pernah marah. Marah adalah hal wajar, namun ada kalanya marah disertai dengan kekerasan dan emosi berlebihan dapat membuat orang disekitar Anda merasa tidak nyaman. Kebiasaan tidak bisa menahan amarah biasanya terjadi pada anak muda yang masih labil, banyak yang melampiaskan marah dengan kekerasan bahkan ke tindakan kriminal. 

So terrible, right?  Marah Tidak perlu bertele-tele, kesempatan kali ini akan saya beri tips meredam marah paling ampuh yang diajari oleh Agama Islam. Check this one: 


1. Membaca ta'awwudz  
Cara ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah bersabda "Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu "A'uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim" "Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk" (H.R. Bukhari Muslim).  

2. Berwudlu  
Rasulullah bersabda "Kemarahan itu itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah" (H.R. Abud Dawud) 

3. Duduk  
Dalam sebuah hadist dikatakan"Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah" (H.R. Abu Dawud). 

4. Diam  
Dalam sebuah hadist dikatakan "Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah" (H.R. Ahmad). 

5. Bersujud, artinya shalat sunnah mininal dua rakaat.  
Dalam sebuah hadist dikatakan "Ketahuilah, sesungguhnya marah itu bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah di lehernya? Maka barangsiapa yang mendapatkan hal itu, maka hendaklah ia menempelkan pipinya dengan tanah (sujud)." (H.R. Tirmidzi) 

6. Alihkan perhatian kepada hal-hal yang lucu.  
Tips pengalihan perhatian ini saya baca twit 4L4y-nya @jajang_nandar,di jamin ngakak abiss coba saja lihat pic dan profile nya tertulis begini : 'W sering disakiti,w dah g percaya lg ma cinta" dan menurut pengalaman, benar-benar twit @jajang_nandar ini akan mengurangi keinginan untuk marah dan merasa lebih baik dengan tertawa. 

7. Cobalah mengungkapkan emosi kita dengan bicara.  Maksudnya berbicara dengan sahabat, mengapa kita bisa marah. InsyaAllah akan terasa sekali manfaatnya, sahabat punya andil besar dalam memerangi amarah kita, perkataan sahabat yang bijak menjadi obat penawar marah yang efektif, coba saja.

No comments:

Post a Comment