Monday, April 9, 2012

Raisa Andriana, Si Cantik Bersuara Unik



Terkenal lewat YouTube, Raisa Andriana memulai karir bermusiknya di usia yang masih belia. Raisa yang merupakan penyanyi solo baru di Indonesia menggeluti dunia tarik suara dengan pendidikan musik yang bisa Raisa Andriana album 300x300 Raisa Andriana, Si Cantik Bersuara Unikdibilang minim. Ia pertama kali bernyanyi saat umurnya baru 3 tahun, yaitu lagu “A Whole New World”, soundtrack kartun Aladdin. Hobinya mengunggah video rekaman dirinya bernyanyi ke YouTube ternyata memberikannya kesempatan besar yang membuka jalannya untuk debut di dunia musik. Bakat vokalnya yang istimewa membuat sejumlah musisi meliriknya. Sebut saja Asta RAN yang memproduseri album solo perdana Raisa bersama Rio dan Handy Soulvibe. Raisa juga pernah mengikuti festival musik lokal, seperti Jakz Jazz, Soulnation, Jazz Goes to Campus, dan Java Jazz.

Profil Raisa Andriana

Nama lengkap/panggilan: Raisa Andriana/Raisa
Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 6 Juni 1990
Lokasi: Jakarta
Profesi: Penyanyi, bintang iklan
Genre musik: pop, R&B, jazz, blues, soul
Label: Universal Music Indonesia
Musisi favorit: Brian McKnight, India Arie, Stevie Wonder, Joss Stone, JoJo, Alicia Keys, Mariah Carey, Whitney Houston, James Ingram
Komik favorit: Kungfu Komang (Raisa: “Kungfu Komang, tuh, komik paling lucu yang pernah ada.”)

Sekilas Musik Raisa Andriana

Raisa Andriana sempat menjadi vokalis Andante, band Kevin Aprilio sebelum Vierra, barulah kemudian bersolo karir. “Serba Salah” adalah judul lagu yang paling dikenal publik sekaligus melejitkan nama Raisa. Di channel YouTube-nya, Raisa juga mengunggah beberapa cover lagu yang dinyanyikannya, di antaranya “Greatest Love of All” milik Whitney Houston, “Still in Love”-nya Brian McKnight, serta “Someday” dan “Imagine” dari John Lennon. Sejak meluncurkan album self titled (Raisa), dia belum pernah meng-upload video lagu cover lagi. Alasannya karena Raisa ingin para penggemarnya fokus dulu pada lagu-lagu miliknya sendiri. Terbukti, album berisi 9 lagu ini disukai masyarakat, khususnya dari kalangan remaja.

Lagu-lagu pada albumnya memang mengambil tema yang sangat akrab dengan muda-mudi, yaitu cinta. Raisa dikenal ramah dan jauh dari kesan sombong oleh fansnya. Dara cantik ini juga mengaku senang memiliki penggemar setia yang kerap menghiburnya dengan sapaan lewat Twitter dan memicu semangatnya setiap kali dia merasa down. Video klip terbarunya, “Could It Be”, memunculkan foto-foto Raisa Andriana dan para penggemarnya. Foto-foto tersebut adalah milik fans yang memang sengaja dimintanya di-mention via akun Twitter-nya untuk ditampilkan pada klip sederhana nan manis tersebut.



Mengomentari soal fenomena dan tren boyband-girlband yang belakangan ini mendominasi musik Tanah Air, Raisa mengaku dia tak terlalu paham. Bahkan, Raisa berkata dia bukan penggemar musik Korea yang memengaruhi pasar musik dengan segudang boyband dan girlband. Anti mainstream? Hehe, mungkin! Yang jelas, Raisa Andriana siap menginvasi permusikan Indonesia dengan musik dan vokalnya yang khas.

Posted by Nona Gugel - March 29, 2012 - Posted in: seleb indo - Permalink

No comments:

Post a Comment