Saturday, July 14, 2012

Ini Jenis Karbohidrat Terbaik untuk Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Banyak orang percaya, berolahraga dalam keadaan perut kosong akan memaksimalkan penurunan berat badan karena lebih banyak kalori yang terbakar. Namun anggapan itu salah, perut yang tidak terisi makanan justru bisa membuat tubuh lemas dan tak berenergi saat kita harus beraktivitas secara intens.

Salah satu nutrisi yang harus diasup sebelum olahraga adalah karbohidrat, atau lebih singkatnya karbo. Tak hanya diperlukan saat olahraga, dalam aktivitas lain karbohidrat pun tetap diperlukan.

"Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling penting bagi tubuh. Banyak orang menghindari karbohidrat, tapi sebenarnya itu bagus untuk kita dan harus dikonsumsi setiap hari terutama saat tubuh sedang aktif bergerak," ujar Liz Pearson, penulis 'Broccoli, Love and Dark Chocolate', seperti dikutip dari Huffington Post.

Meskipun penting, perlu diperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi, karena tidak semua makanan berkarbohidrat baik untuk tubuh. Liz menyarankan untuk menghindari karbo sederhana seperti roti putih, pasta, sereal, cake dan cookies yang terbuat dari tepung terigu. Jenis karbo ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas dan beberapa jenis kanker. Lalu jenis karbo seperti apa yang baik dikonsumsi sebelum olahraga? Dan kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya?

3-4 Jam Sebelum Olahraga:
- Spaghetti dari tepung gandum utuh. Gandum utuh merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan bisa menyimpan cadangan energi di dalam otot untuk waktu yang lama.
- Beras merah dengan tumisan sayur. Beras merah kaya akan serat dan bisa mengurangi risiko kanker kolon.
- Pancake gandum utuh. Kaya akan serat yang memberi rasa kenyang lebih lama. Kombinasikan dengan buah segar dan madu untuk rasa yang lebih lezat.

30-60 Menit Sebelum Olahraga:
- Sereal gandum utuh. Semangkuk sereal gandum utuh merupakan cara cepat dan mudah untuk mengisi perut. Makan bersama susu skim atau susu rendah lemak.
- Biskuit/ kraker gandum. Pastikan terbuat dari tepung gandum utuh tanpa tambahan MSG. Jika harus segera olahraga dan tak ada sereal dan susu untuk dimakan, kraker gandum bisa jadi pilihan sehat untuk asupan energi.
- Smoothie buah. Campurkan susu rendah lemak dengan buah-buahan kesukaan Anda. Jangan takut menambahkan sayuran segar atau teh hijau sebagai tambahan serat dan energi.

(hst/kik)

sumber : wolipop.com

No comments:

Post a Comment