Sunday, August 5, 2012

Olah Raga Terbaik Saat Puasa

Olahraga penting bagi kesehatan tubuh. Lakukan aktivitas menyehatkan ini satu atau dua jam menjelang buka puasa, atau cari waktu selepas buka puasa. Tak perlu mengurangi aktivitas ini, yang diperlukan hanya mengatur waktu terbaik. 

Olahraga akan merangsang hormon antiinsulin, yang antara lain berfungsi melepaskan gula darah sehingga membuat tubuh tetap segar. Jika kurang gerak, tubuh justru akan semakin lemas akibat berkurangnya kadar gula dalam tubuh. 

Nusra Al Nasri, pelatih kebugaran asal Timur Tengah, merekomendasikan yoga sebagai pilihan olahraga terbaik selama Ramadan. Cukup lakukan yoga level pemula atau berjalan kaki santai selama 15-20 menit di sore hari. 

"Latihan yoga dengan beragam teknik pernapasan disertai latihan peregangan sederhana merupakan cara ideal untuk mempertahankan kebugaran tubuh selama puasa," kata Al Nasri, seperti dikutip Gulf News. 

Al Nasri menyangkal argumen yang menyebut olahraga saat puasa berbahaya bagi tubuh. Olahraga saat puasa justru bermanfaat bagi tubuh. "Latihan pernapasan dalam yoga misalnya, justru akan memberi Anda energi lebih, membuat Anda merasa segar dan tenang menjalani puasa."

Pemilihan waktu yang harus menjadi perhatian. Jangan di pagi atau siang hari karena bisa menguras cadangan makanan di masa awal puasa. Menurut AL Nasri, pukul 16.30 adalah waktu tepat melakukan yoga, peregangan, atau olahraga sederhana lainnya. "Saya sarankan berolahraga dengan perut kosong sebelum buka puasa."

No comments:

Post a Comment