Saturday, July 14, 2012

Bahaya Soda Setara Dengan Rokok?


Segar dan memberikan sensasi yang menyegarkan memang merupakan sensasi yang biasa diberikan saat kita mengkonsumsi minuman yang mengandung soda. Warnanya yang menarik juga dapat memikat siapa saja yang melihatnya. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat bahaya yang mengancam dibalik sensasi dingin dan warna-warni yang menyenangkan soda?

Tak hanya mengancam kesehatan, mengkonsumsi soda juga disetarakan oleh para ahli sama halnya saat Anda merokok. Jika rokok berbahaya bagi hampir seluruh tubuh manusia, begitu juga soda?

Menurut hasil penelitian yang diadakan oleh para ahli di Center for Science in Public Interest menyebutkan bahwa di dalam soda banyak mengandung kadar gula tambahan yang tinggi, namun tidak terdapat nutrisi berarti di dalamnya. Sehingga disimpulkan, mengkonsumsi soda yang berlebih berpengaruh terhadap pertambahan kalori dalam tubuh dan berakibat pada peningkatan berat badan atau obesitas.

Seperti dikutip dalam Times of India menyebutkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi soda dapat memicu penyakit diabetes tipe 2. Tak hanya itu, sebuah penelitian di Amerika juga menyebutkan bahwa sekaleng soda yang dikonsumsi perhari dapat memicu obesitas hingga 60%.

Penelitian lain menyebutkan, soda juga berpengaruh pada penyerapan kalsium yang berdampak pada pengeroposan tulang atau osteoporosis.
"Dalam minuman manis juga mengandung banyak kafein yang bersifat aditif. Semua orang harus meningkatkan kesadaran mereka terkait ancaman kesehatan yang mirip dengan zat aditif yang terdapat pada tembakau." tutur Dr. Lori Dorfman, seorang ahli kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi dua kaleng soda atau soft drink terbukti dapat memicu masalah kerusakan hati dalam jangka panjang dan berakibat pada transplantasi hati karena fungsi hati tidak lagi bisa melakukan penyerapan dan memproses kandungan gula yang ada. Kondisi tersebut umumnya ditemukan pada pecandu alkohol.
(vem/tik)
sumber vemale.com

No comments:

Post a Comment