Wednesday, July 11, 2012

Sering Cuci Tangan Tandanya Anda Sehat


Tangan merupakan salah satu jalur utama bibit penyakit masuk ke dalam tubuh. Karena itu, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjadi wajib hukumnya untuk mencegah infeksi penyakit yang ditularkan melalui tangan.


Sayangnya, masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan kebiasaan sehat ini. Malah cenderung menggunakan cairan antiseptik yang dianggap lebih praktis. Padahal bila sebelum makan lalu mencuci tangan menggunakan cairan antiseptik, misalnya kita makan menggunakan tangan tanpa sendok, berarti dengan sengaja kita menelan antiseptik ke dalam tubuh?? betul? 

Memang cairan antiseptik membersihkan kuman kuman yang bersembunyi di lapisan kulit yang lebih dalam ( resident microorganism) dan oleh Organisasi kesehatan dunia WHO, antiseptik dijadikan standar di rumah sakit dan pusat pusat layanan kesehatan namun "Sabun dan air mengalir paling bagus untuk cuci tangan" ungkap Prof Djoko, ketua Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indoenesia ( Perdalin ).

Berdasarkan penelitian oleh Curtis V. Cairncross, mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko diare hingga 47 persen. Di Indonesia, hasil penelitian Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Spektra terhadap 550 siswa di 11 kabupaten di Jawa Timur menunjukkan bahwa mencuci tangan pakai sabun, terutama makan, dapat menurunkan tingkat absensi anak akibat sakit diare hingga 11 persen.

Selain diare, penyakit lain yang dapat dicegah melalui cuci tangan dengan sabun adalah radang tenggorokan, masalah saluran pernapasan, disentri, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan dan tipus, So Ladies mulai sekarang lakukan kebiasaan mencuci tangan khusus nya bagi para Ibu yang mempunyai anak anak balita, agar mereka mencontoh kebiasaan sehat ini. Keep Clean and Keep Healthy. ( MW )

No comments:

Post a Comment