Monday, June 25, 2012

9 Efek Positif Karaoke


Weekend identik dengan melakukan kegiatan di luar rutinitas kerja. Salah satunya adalah dengan karaoke. Bersenang-senang lewat menyanyi dengan teman-teman bisa mengurangi risiko penyakit jantung, store dan stress. “Berkaraoke bersama teman-teman bisa membuat seseorang sehat dan bahagia,“ kata Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine di Jepang.
Profesor Tanigawa juga merekomendasikan untuk mendatangi karaoke bagi para pekerja yang sering mengalami stress atau bagi pekerja yang bekerja di dunia kerja yang penuh tekanan dan tuntutan. Hal ini disebabkan karena saat seseorang bernyanyi, mereka cenderung menarik nafas dalam dan perlahan, yang sangat baik untuk kondisi sistem syaraf.
Berikut ini 9 efek positif yang bisa Anda dapatkan dari berkaraoke dengan teman-teman, berdasarkan penelitian Profesor Tanigawa:
1. Menjadikan Pernafasan Lebih Baik. 
Saat bernyanyi Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernafas dengan lebih santai. Otot diafragma akan melengkung ke bawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut yang lebih santai memungkinkan tubuh bernafas lebih aktif dan sehat.
2. Mengoksidasi Darah. 
Ketika Anda menggunakan seluruh tubuh untuk bernafas, volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya.
Gambar 9 Efek Positif Karaoke stres Positif pernafasan percaya diri otak oksigen memory Karaoke hormon efek darah  karaoke 389x2892
3. Merangsang Aktivitas Otak. 
Bernyanyi memerlukan pemikiran. Saat bernyanyi, Anda perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkannya dengan emosi. Saat bernyanyi udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintegrasikan aktivitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.
4. Melepaskan Hormon Bahagia. 
Hormon endorphine yang dikeluarkan saat bernyanyi bermanfaat menciptakan rasa senang dan kebahagiaan dengan memicu saraf dan fisik. Nyanyian Anda dan teman-teman, meski tidak terdengar sesempurna penyanyi profesional, selain bisa menghibur orang lain juga menciptakan rasa senang.
5. Mengurangi Stres. 
Ketika Anda merasa senang, tingkat stress Anda otomatis menurun. Endorfin membantu mengurangi stress dan gelisah. Saat menyanyikan sebuah lagu dengan perasaan mendalam tubuh bernafas lebih dalam dan memperlambat denyut jantung serta mengurangi kecemasan berlebihan. Saat stress, buang kepenatan dengan menyanyikan lagu-lagu kesukaan dan bergembiralah.
6. Membangun Kepercayaan Diri. 
Jika berbicara di depan umum masih merupakan ketakutan utama Anda, maka mulailah dengan bernyanyi di karaoke dengan sahabat dan orang terdekat. Bernyanyi mampu membangun rasa percaya diri karena Anda menjadi orang yang sangat terbuka. Bila Anda telah berani berbagi suara dan musik, akan lebih mudah mengatasi ketakutan dan grogi.
7. Meningkatkan Memori. 
Bernyanyi membuat Anda sedikitnya harus membaca lirik dan mengikuti nada. Cara ini bagus untuk merangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsentrasi.
8. Meningkatkan Kreativitas. 
Saat membangun rasa percaya diri dan merangsang jiwa seni dengan bernyanyi, tanpa Anda sadari secara bersamaan Anda juga telah menumbuhkan jiwa kreatif. Anda akan keluar dari kotak dan menjadi seorang pribadi yang produktif dan inovatif.
9. Menciptakan Suara Yang Bertenaga. 
Profesi pembicara, presenter, guru, pendeta atau dalam bisnis terkait penjualan, akan mendapatkan keuntungan dari belajar menyanyi. Suara merupakan instrumen penting. Dan bernyanyi memberi Anda keahlian berbicara dengan suara bertenaga, kuat dan percaya diri yang terpancar dari suara Anda. Semua manfaat itu bisa dirasakan dari frekuensi menyanyi yang rutin.

No comments:

Post a Comment