Thursday, June 7, 2012

Nyang Ini Soto Betawi Paling Ajib

Kuah yang gurih panas mengepul sangat menggoda. Isiannya potongan daging dan paru sapi yang lembut empuk. Diberi sedikit air jeruk limau dan sambal rawit merah, jadinya makin asyik. Acar timun dan wortelpun menambah keramaian soto ini. Kagak ade duenye!

Meskipun sama-sama bernama soto betawi tetapi tidak semuanya punya racikan yang sama. Ada yang kuahnya putih pucat dengan aroma kapulaga semerbak wangi. Ada pula yang memakai cabai dalam bumbunya sehingga kuahnya agak kemerahan dan sedikit berminyak. Sebagai kaldunya ada yang memakai susu dan ada juga santan atau campuran keduanya.

Kalau bicara soal selera, tampilan soto betawi yang kemerahan tentunya lebih memikat.Pertama karena udara agak dingin dan yang kedua karena ingin melepas kangen soto betawi yang mantap.

Selembar daftar menu yang disodorkan ternyata memberi tawaran penuh godaan. Selain soto betawi (bisa pilih isiannya daging, paru dan jeroan lain), ada soto ayam,sup iga, soto ceker, iga bakar, sate kambing, sate ayam, nasi goreng kambing, nasi goreng ayam dan nasi goreng Jawa. Juga ada bihun dan bakmi goreng.

Wah, aroma gurih yang menguar dari semangkok soto Betawi ini sangat menggelitik. Wangi bawang goreng bercampur gurih santan! Kuahnya sedikit kemerahan dengan warna cokelat susu menggenangi mangkuk berukuran sedang. Isiannya selain potongan daging sapi dan paru ada juga potongan tomat, daun bawang dan emping memar yang lembek.

Slruuup... gurih sedikit pedas dengan wangi kapulaga dan bawang yang kuat. Ah, daging sapi sedikit berlemak dan paru yang empuk tidak anyir ternyata membuat suapan soto ini lebih lancar ke mulut. Kucuran air jeruk limau, sambal rawit merah, sedikit kecap manis yang saya tambahkan benar-benar bikin soto ini makin mantap. Emping yang sudah lembekpun memberi sensasi unik di lidah!

Soto Betawi BATAVIA,
di Jalan Kembang Kerep no.17B, meruya utara, kembangan, Jakarta Barat..,
yang jualan Soto Betawi, Sate, Nasi Goreng, Sop Kaki Kambing.
Katanya sih, ...Soto Betawi & Nasi Goreng di tempat ini paling enak di daerah Jakarta Barat.. Kuah sotonya mantab banget, royal bumbu banget, kuah susunya juga gurih banget.. nasi gorengnya beda, rasanya khas, gurih dan wanginya bikin ketagihan..

tempat ini cuma punya 4 menu utama:
-Soto Betawi: Daging Sapi, Jeroan Sapi, & Daging Ayam
-Sate: Kambing tanpa lemak & Dada tanpa kulit
-Nasi Goreng: Ayam, Kambing, & Sapi
-Sop Kaki Kambing khas Tanah Abang

Mantap Gaaannnnn Ajibbb.....laperrrr.

No comments:

Post a Comment