Friday, July 6, 2012

Wajib Tahu, 4 Hal Sebelum Membeli Makanan Organik


Konsumsi makanan organik menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Para produsen mengatakan bahwa makanan organik menjamin kesehatan karena bebas pestisida dan bahan kimia lainnya pada proses penanamannya.
Untuk menyebutnya sebagai tanaman ekstra, Anda harus pintar memilihnya. Mengeluarkan uang lebih untuk setiap jenis makanan organik juga harus sebanding dengan manfaat dan fasilitas yang didapatkan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum membeli makanan organik, agar Anda tidak hanya tersugesti oleh label keamanannya.
  1. Beberapa jenis buah dan sayuran mudah sekali menyarap pestisida dan bahan kimia selama proses pertumbuhan mereka. Untuk jenis buah dan sayuran ini, seperti seledri, peach, stroberi, bayam, cherry, Anda memang harus membeli yang organik. Sedangkan untuk bahan makanan yang memiliki kulit tebal, rasanya Anda tidak perlu membeli dengan jenis organik. Karena kulit ini cukup mampu melundungi dari residu pestisida.
  2. Membeli makanan organik, berarti Anda juga harus menyesuaikan dengan musim. Yang artinya mereka dapat tumbuh secara alami, tanpa adanya bahan untuk membantu proses pertumbuhannya.
  3. Sebenarnya, Anda juga bisa mendapatkan bahan pangan organik ini pada petani-petani lokal. Pastikan mereka memang tidak menggunakan bahan kimia dalam proses penanamannya. Buah dan sayuran yang mereka hasilkan bukan berarti non organik, hanya karena tidak mencantumkan label dalam kemasan. Seringkali, para petani ini mengalami kendala dalam memperoleh sertifikasi organik yang cukup mahal.
  4. Sama halnya dengan membeli makanan non organik, Anda juga harus mencicipi berbagai merk untuk mendapatkan kesesuaian. Fanatisme, memang dibutuhkan untuk menjaga kualitas makanan Anda.
sumber: VIVAlife

No comments:

Post a Comment